Tafsir al-Qur'an Surat al-Ikhlas


14 tahun lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Kajian Islam ilmiah oleh: Ustadz Muhammad Chusnul Yakin, M.Pd.I (hafidzohullohu)

Kajian ini membahas tentang tafsir al-Qur'an al-Karim surat al-Ikhlas. Disampaikan secara bersambung dalam 3 pertemuan. Anda dapat play langsung file kajian MP3 ini atau dapat pula download 3 file MP3 ini.

"Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa.
Alloh adalah Tuhan yang bergantung kepadaNya segala sesuatu.
Dia tidak beranak, tidak pula diperanakkan.
Dan tiada seorangpun yang setara dengan Dia."

(Arti dari surat al-Ikhlas, Alquranulkarim.)

Kaum muslimin rohimakumullohu (semoga Alloh melimpahkan rahmat), itulah arti dari surat al-Ikhlas, sebuah surat pendek yang senantiasa kita selalu membacanya, di setiap saat dalam sholat-sholat kita, bahkan dia termasuk surat-surat di antara surat-surat yang kita hapal dan anak-anak kita hapal pertama kalinya. Akan tetapi, apa maksud dari surat ini? Apa makna yang terkandung dari tiap arti dari ayat demi ayat dalam surat ini?

Dia (surat al-Ikhlas), adalah awal dari surat-surat yang kita paham dan hapal, akan tetapi dia termasuk surat yang kita pertama kali pula kita lupa akan makna-maknanya. Sehingga sering kali ketika kita membaca surat ini, kita hanya menuai bacaan tanpa menuai hasil dari pemahaman. Sehingga sering kali sepak terjang kita di dalam menjalani keimanan kepada Alloh mencabik-cabik makna yang ada dalam surat ini. Maka dari itu, sudah seharusnya bagi setiap kaum muslim untuk mengetahui makna yang terkandung dalam surat al-Ikhlas ini.

Semoga bermanfaat.