SABAR & SHALAT


8 tahun lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Allah Ta'ala berfirman:

(يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ)

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (Surat Al-Baqarah 153) 

Maka apabila engkau diuji oleh Allah dengan sesuatu yang membutuhkan kesabaran, hendaknya engkau berusaha untuk bersabar dan menahan diri, karena bersama kesabaran akan datang pertolongan, bersama kesusahan akan ada jalan keluar, dan bersama kesulitan akan datang kemudahan. 
 
Dan apabila seorang hamba meminta pertolongan dengan shalat dalam menyelesaikan urusan-urusannya, maka Allah memberikan kemudahan baginya (dalam menyelesaikan urusan-urusannya). 

Karena shalat adalah sarana yang menghubungkan seorang hamba dengan Allah Ta'ala. 

Ketika dia shalat, dia berdiri di hadapan-Nya, bermunajat kepada-Nya, berdoa memohon kepada-Nya, dan bertaqorrub (mendekatkan diri) kepada-Nya dengan beragam ibadah di dalam shalatnya, maka hal-hal tersebut (yang dilakukan) dalam shalatnya menjadi sebab datangnya pertolongan Allah. 

[disarikan dari kitab Syarah Riyâdush Shâlihîn  1/180-181, Syeikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin]

Semoga dengan kesabaran dan shalat kita, Allah memberikan kemudahan kepada kita dalam menyelesaikan urusan-urusan kita. Aamiin.. 

✏ Akhukum Fillah: Abdul Basith, Lc  حَفِظَهُ اللهُ تَعَالَى