Modal Yang Berharga


7 tahun lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

 عن أَبي صَفوان عبد الله بنِ بُسْرٍ الأسلمي رضي الله عنه، قَالَ: قَالَ رَسُول الله صلى الله عليه وسلم: ((خَيرُ النَّاسِ مَنْ طَالَ عُمُرهُ، وَحَسُنَ عَمَلُهُ)). رواه الترمذي، وَقالَ: ((حديث حسن)).

 Dari Abu Shofwan bin Abdillah bin Busr al aslamiy radhiyallahu anhu berkata : Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : Sebaik-baik manusia adalah yang panjang umurnya dan baik amalnya. [HR. Tirmidzi] 

Hadits yang mulia di atas menjelaskan kepada kita bahwasanya umur yang kita miliki merupakan modal utama yang dimiliki seorang hamba. Oleh karena itu, apabila ada diantara kita yang memohon panjang umur, maka janganlah lupa untuk memohon keberkahan dari umur yang dimiliki. Hendaknya dia memohon taufiq kepada Allah agar bisa menggunakan umurnya dalam ketaatan dan amal ibadah. 

Sungguh sangat disayangkan apabila ada diantara kita yang sudah putih rambutnya (karena sudah dipenuhi dengan uban) namun hatinya tidak tergerak untuk beribadah kepada Allah dan menjauhi maksiat. Ketika dia mendengar adzan, dia tidak bergegas pergi ke masjid. 

Saudaraku seiman, marilah kita gunakan sisa umur yang kita miliki (yang kita sendiri tidak tau sampai berapa lama kita hidup) untuk mengumpulkan bekal sebanyak-banyaknya. Mari kita gunakan untuk mengikhlaskan ibadah hanya untuk Allah, dan berpegang teguh kepada sunnah Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Mari kita perbaiki masa lalu kita yang penuh dengan kelalaian dan kemaksiatan dengan bertaubat kepada Allah. 

Semoga Allah menutup umur kita dengan khusnul khatimah. Aamiin.

Semoga bermanfaat.

✏ Ustadz Budi Santoso, Lc حفظه الله تعالى