Menghapus Beban Sedekah Dengan 2 Raka'at Shalat Dhuha


5 tahun lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Setiap hari kita masuk di waktu pagi, maka kita semua memiliki kewajiban untuk bersedekah sebanyak jumlah persendian kita, Sebagaimana yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sabdakan :

"يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ"

“Setiap pagi, pada setiap persendian tubuh kalian wajib atasnya sedekah”

Dalam hadits lain riwayat Abu Daud beliau bersabda :

"فِي الْإِنْسَانِ ثَلَاثُ مِائَةٍ وَسِتُّونَ مَفْصِلًا فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ مِنْهُ بِصَدَقَةٍ" قَالُوا: وَمَنْ يُطِيقُ ذَلِكَ يَا نَبِيَّ اللَّهِ؟

“Dalam tubuh manusia ada 360 persendian, maka wajib atas dirinya untuk bersedekah atas setiap persendian” para sahabat berkata : Siapa yang mampu melakukannya wahai Nabi Allah?

Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan :

"فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى"

“Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid sedekah, setiap tahlil sedekah, setiap takbir sedekah, memerintahkan kepada kebaikan sedekah, mencegah dari kemungkaran sedekah, dan mencukupi seluruhnya dengan melaksanakan sholat 2 rakaat di waktu Dhuha.” [HR.Muslim]

Hadits-hadits tersebut menunjukkan kepada kita, bahwa ketika seseorang kurang ibadahnya, kurang dzikirnya, kurang bersyukur atas nikmat persendian, maka kita memproduksi lebih dari 300 dosa setiap harinya.

Namun, Allah dengan kasih sayang-Nya, memberikan kemudahan kepada para hamba-Nya, agar selamat dari dosa 360 persendian, tidak perlu bersedekah uang berkali-kali, tidak perlu was-was menghitung-hitung, cukup dengan shalat Dhuha 2 rakaat, maka tuntas beban pada hari itu.

Oleh karena itu, marilah kita laksanakan shalat Dhuha minimal 2 rakaat, Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita.. Allahumma aamiin..


✏ Ustadz Askar Wardhana, Lc. حفظه الله تعالى