JANGAN KAU NODAI SILATURAHIM-MU


9 tahun lalu oleh / 0 komentar

Nabi صلى الله عليه و سلم bersabda:

من أحب أن يبسط له في رزقه و ينسأ له في أثره فليصل رحمه

“Siapa yang menginginkan rizkinya dilapangkan & umurnya dipanjangkan, maka sambunglah tali silaturrahim”. (HR. Al-Bukhari & Muslim).

Banyak keutamaan yang akan kita peroleh tatkala kita menyambung tali silaturrahim, yang diantaranya adalah:

- Silaturrahim adalah syi'ar keimanan kepada Allah Ta’ala & Hari Akhir, Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda:

من كان يؤمن بالله و اليوم الآخر فليصل رحمه. رواه البخاري

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah & Hari Akhir, maka hendaklah dia menyambung tali silaturrahimnya.” (HR. al-Bukhari).

- Silaturrahim merupakan sebab yang besar, yang dapat memasukan kedalam surga, sebagaimana jawaban Rasulullah صلى الله عليه و سلم ketika ada yang bertanya amalan yang dapat memasukan kedalam surga, beliau صلى الله عليه و سلم menjawab, engkau menyembah Allah & tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatupun, mendirikan shalat, menunaikan zakat & menyambung tali silaturrahim. (HR. al-Bukhari dan Muslim).

- Silaturrahim adalah ketaatan kepada Allah Ta’ala, karena Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk menyambungnya.

Namunpun demikian, janganlah dengan alasan silaturrahim kita meremehkan & menganggap sepele masalah ikhtilat (bercampur baur) laki-laki dan perempuan yang bukan mahromnya,
Serta jabat tangan terlebih cipika-cipiki dengan lain jenis, atau menampakkan auratmu pada selain mahrommu, karena hal itu terlarang, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لأن يطعن في رأس أحدكم بمخيط من حديد خير له من أن يمس امرأة لا تحل له

“Kepala salah seorang diantara kalian ditusuk dengan jarum besi lebih baik baginya ketimbang menyentuh wanita yang tidak halal baginya (bukan mahromnya). HR. ath-Thabrani, al-Baihaqi. Lihat shahih al-Jami:5045.

Sekali lagi, jangan kau rusak dan nodai sarurrahim yang banyak keutamaannya dengan sesuatu yang dilarang syari’at.

Penulis : Ustadz Fuad Hamzah Baraba’, Lc. حفظه الله تعالى