Ayo, Jangan Malas Jawab Adzan..


5 tahun lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Di negeri kita ini, setiap harinya, setiap lima waktu, kita akan mendengar suara adzan berkumandang dari masjid-masjid memanggil para hamba untuk shalat.

Keadaan manusia pun berbeda-beda ketika mendengar adzan. Ada yang cuek bebek melanjutkan aktifitasnya, ada yang acuh dengan kesibukannya, ada yang diam membisu, semuanya keliru dan merugi. 

Kenapa demikian? Karena petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada kita adalah agar kita mengucapkan seperti apa yang diucapkan oleh muadzin, dan balasannya tidaklah kecil, yaitu surga.

Hal tersebut berdasarkan hadits dari sahabat abu Hurairah :

كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَامَ بِلَالٌ يُنَادِي، فَلَمَّا سَكَتَ، قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ قَالَ مِثْلَ مَا قَالَ هَذَا يَقِينًا دَخَلَ الْجَنَّةَ"

Dahulu kami sedang bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka Bilal pun mengumandangkan adzan, ketika telah selesai, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang mengucapkan seperti yang dia (Bilal-muadzin) ucapkan dengan keyakinan, maka dia akan masuk surga”. 

[HR. an-Nasa’iy dan Ibnu Hibban dan dihasankan oleh al-Albany].

Hadits tersebut menunjukkan bahwa jika kita menjawab adzan dengan keyakinan dan keimanan bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang berhak untuk disembah dan Allah telah memanggil kita untuk datang ke masjid untuk menunaikan shalat berjamaah, maka ganjarannya adalah surga.

Oleh karena itu janganlah kita malas, malu ataupun gengsi menjawab adzan. Hentikanlah pembicaraan dan kesibukan sejenak saja untuk mendengarkan panggilan Allah. 

Justru kita harus bersyukur karena mendapatkan kesempatan untuk mendengar adzan, belum tentu esok kita bisa mendengarnya. Bahkan saudara-saudara kita di negeri kuffar tidak boleh mengeraskan kumandang adzan..

Mudah-mudahan Allah memberikan taufiq-Nya kepada kita sekalian untuk menjawab panggilan-Nya.. Allahumma aamiin..


✏ Ustadz Askar Wardhana, Lc. حفظه الله تعالى