Wahai Para Orang Tua Perbaiki Dan Perbanyaklah Ibadah Anda


sebulan lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Kesholehan kedua orang tua serta amal kebaikan yang mereka lakukan memiliki pengaruh yang besar terhadap kesholehan anak anak nya. 

Allah azza wa jalla berfirman :

وَاَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلٰمَيْنِ يَتِيْمَيْنِ فِى الْمَدِيْنَةِ وَكَانَ تَحْتَهٗ كَنْزٌ لَّهُمَا وَكَانَ اَبُوْهُمَا صَالِحًـا  ۚ  فَاَرَادَ رَبُّكَ اَنْ يَّبْلُغَاۤ اَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنْزَهُمَا    ۖ  رَحْمَةً مِّنْ رَّبِّكَ   ۚ  

"Dan adapun dinding rumah itu adalah milik dua anak yatim di kota itu, yang di bawahnya tersimpan harta bagi mereka berdua, dan ayahnya seorang yang saleh. Maka Tuhanmu menghendaki agar keduanya sampai dewasa dan keduanya mengeluarkan simpanannya itu sebagai rahmat dari Tuhanmu."

[QS. Al-Kahfi : 82] 

Wahai para orang tua, perhatikanlah ayat diatas, bagaimana Allah menjaga harta anak yatim disebabkan kesholehan bapaknya. 

Hendaknya kedua orang tua rajin beramal sholeh, berbuat baik karena manfaatnya akan dirasakan oleh anak keturunannya. In syaa Allah. 

Diriwayatkan dari sebagaian ulama' salaf,  bahwasannya mereka berkata kepada anak-anak nya : wahai anakku aku akan menambah sholatku karena dirimu. 

Sebagian ulama berkata : (Makna perkataan diatas,) aku akan memperbanyak sholat sunnah dan aku akan memperbanyak berdoa di dalam sholatku (agar Allah menjadikan dirimu anak yang sholeh). 

[Fiqh tarbiyatul abna' wa thoifatun min nasoih atibba' halaman 21-22,  karya Syaikh Mushtofa Al adawi rahimahullah]


Oleh : Ustadz Budi Santoso, Lc  حَفِظَهُ اللهُ تَعَالَى