Nasehat Anas bin Malik radhiyallahu anhu


5 bulan lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

عن الزبير بن عدي، قَالَ: أتينا أنسَ بن مالك رضي الله عنه فشكونا إِلَيْه مَا نلقى مِنَ الحَجَّاجِ. فَقَالَ: ((اصْبرُوا؛ فَإنَّهُ لا يَأتي عَلَيْكُم زَمَانٌ إلا والَّذِي بَعدَهُ شَرٌّ مِنهُ حَتَّى تَلقَوا رَبَّكُمْ)) سَمِعتُهُ مِنْ نَبِيِّكُمْ صلى الله عليه وسلم. رواه البخاري. 

Dari Az Zubair bin Adiy dia berkata : Kami mendatangi Anas bin Malik radhiyallahu anhu,  (untuk) mengadukan kepada beliau apa yang kami dapatkan dari (kekejian dan kebengisan) al-Hajjaj.  Maka beliau berkata : "Bersabarlah karena tidak akan datang suatu masa melainkan yang berikutnya adalah yang lebih jelek daripadanya, hingga kalian bertemu Rabbmu, saya mendengarnya dari Nabimu. 

[HR. Bukhari] 

Anas bin Malik merupakan salah seorang sahabat yang berumur panjang. Usia beliau kurang lebih 90 tahun. 

Di dalam nasehat tersebut, beliau memerintahkan kepada Zubair bin Adiy untuk bersabar dalam menghadapi kezaliman Hajjaj. (Hajjaj terkenal sebagai seorang pemimpin yang kejam dan haus darah). 

Apabila seseorang mendapatkan pemimpin yang berbuat kedholiman,  maka hal itu bisa jadi karena banyaknya rakyat yang berbuat dholim. 

Allah azza wa jalla berfirman :

وَكَذٰلِكَ نُوَلِّيْ بَعْضَ الظّٰلِمِيْنَ بَعْضًاۢ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْن  
        
"Dan demikianlah Kami jadikan sebagian orang-orang zalim pemimpin untuk sebagian yang lain ,sesuai dengan apa yang mereka kerjakan."

[QS. Al-An'am: Ayat 129] 

Beliau memberikan nasehat agar setiap orang bersabar terhadap kedholiman yang dia dapatkan dari pemimpinnya. Setiap ada masalah pasti ada jalan keluarnya. 

Kemudian beliau juga mengabarkan tidaklah datang suatu masa, melainkan lebih buruk dari yang sebelumnya. Termasuk lebih buruk dalam hal agama. Namun keburukan ini tidaklah mutlak, karena bisa jadi buruk dalam satu sisi, namun baik dari sisi yang lain. 

[Diringkas dari kitab Syarah riyadhus Shalihin jilid 2, halaman 35-36, karya Syaikh Muhammad bin Shalih al ustaimin rahimahullah]

Oleh : Admin grup suara al iman