Mari Perbanyak Do'a Untuk Diri Sendiri Dan Untuk Saudara Kita Pada Hari Yang Mulia Ini


9 bulan lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Pertanyaan :

Syaikh Abdul Azìz bin Bàz rahimahullah pernah ditanya :

Kapan saat dikabulkan nya do'a pada hari jum'at, apakah hari jum'at secara keseluruhan,  atau di waktu ashar,  atau setelah selesai menunaikan sholat jum'at ? 

Jawaban :

Allah menjadikan waktu tertentu di hari jum'at, sebagai waktu dikabulkan do'a.  Waktu tersebut merupakan waktu yang singkat, tidaklah seseorang berdoa pada waktu tersebut, melainkan akan dikabulkan. 

Disebutkan dalam beberapa hadits, bahwasanya, waktu tersebut adalah waktu di saat khatib naik mimbar, sampai selesai nya pelaksanaan sholat jumat. 

Ada juga yang mengatakan bahwasannya waktu mustajab tersebut adalah setelah ashar sampai matahari terbenam. 

Ada juga hadits yang menjelaskan waktu dikabulkannya doa adalah di akhir waktu hari jum'at. Dan juga waktu-waktu lain di hari jum'at. 

Maka, sudah sepantasnya seorang yang beriman untuk memperbanyak do'a pada hari jum'at pada umumnya, terlebih lagi  pada waktu yang disebutkan diatas secara khusus. 

[Diterjemahkan secara ringkas dari situs resmi syaikh Abdul Aziz bin Baz dalam www.binbaz.org.sa] 

Saudaraku,  marilah kita memperbanyak do'a kebaikan untuk diri kita,  kedua orang tua kita, untuk istri dan anak kita. 

Jangan lupa berdo'a untuk saudara kita yang memilih untuk turun ke jalan (walaupun kami tidak sependapat dengan mereka dalam cara mengingkari hal penistaan agama) dalam rangka pembelaan terhadap kemuliaan al-qur'an. Kita mohon kepada Allah untuk mengampuni dosa kita semua,  karena semua yang terjadi di negeri kita saat ini tidak lain (salah satu sebabnya) karena perbuatan dosa kita. 

Mari meminta kepada Allah,  untuk melindungi kita semua dari tipu daya orang orang kafir, munafik, serta semoga Allah menjaga darah-darah kaum muslimin. 

Semoga bermanfaat.

Oleh : Ustadz Budi Santoso, Lc  حَفِظَهُ اللهُ تَعَالَى