Kemenangan Itu Bersama Kesabaran


seminggu lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Syaikh Shalih Fauzan hafidzahullah (beliau merupakan salah satu ulama' di Saudi Arabia) suatu saat dimintai nasehat oleh seseorang, berkaitan dengan kesedihan dan penderitaan yang dialami secara beruntun oleh saudara kita terutama di bumi Suriah. 

Beliau memberikan nasehat dengan menyampaikan beberapa ayat, dan hadits. Diantaranya ; firman Allah azza wa jalla :

وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ 

"Janganlah kalian merasa lemah dan janganlah kalian bersedih, kalian lebih mulia, jika kalian benar benar beriman. [QS.Ali Imran : 139] 

Beliau juga menyampaikan ayat 

أَمْ حَسِبْتُمْ أَن تُتْرَكُوا وَلَمَّا يَعْلَمِ اللَّهُ الَّذِينَ جَاهَدُوا مِنكُمْ وَلَمْ يَتَّخِذُوا مِن دُونِ اللَّهِ وَلَا رَسُولِهِ وَلَا الْمُؤْمِنِينَ وَلِيجَةً ۚ وَاللَّهُ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yang berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yang setia selain Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman. Allah maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan. 

[QS. At- taubah :16] 

Dan juga ayat 

أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَثَلُ الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ مَسَّتْهُمْ الْبَأْسَاءُ وَالضَّرَّاءُ وَزُلْزِلُوا حَتَّى يَقُولَ الرَّسُولُ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ مَتَى نَصْرُ اللَّهِ أَلَا إِنَّ نَصْرَ اللَّهِ قَرِيبٌ

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan, dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang beriman bersamanya berkata,  "Kapankah datang pertolongan Allah?" Ingatlah sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat. 

[QS. Al baqarah : 214] 

Kemudian beliau membaca hadits ;

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

وَاعْلَمْ أَنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ، وَأَنَّ الْفَرَجَ مَعَ الْكَرْبِ، وَأَنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا " 


"Ketahuilah bahwasannya kemenangan itu bersama kesabaran,  dan jalan keluar itu bersama kesulitan, dan bahwasanya bersama kesulitan ada kemudahan". [Hr. Tirmidzi] 

Janganlah anda berputus asa dari datangnya jalan keluar, seseorang yang diuji dengan berbagai macam musibah tidak boleh putus asa dari rahmat Allah. 

Nabi Ya'qub alaihis salam ketika beliau (diuji) kehilangan anaknya, maka beliau berkata kepada anaknya yang lain, wahai anak-anakku hendaklah kalian mencari keberadaan Yusuf dan saudaraNya, janganlah kalian putus asa dari rahmat Allah, karena tidak ada yang berputus asa dari rahmat Allah kecuali orang-orang kafir. 

Inilah jalan para Nabi, mereka tidak putus asa,  mereka yakin akan datangnya pertolongan Allah. Karena Allah tidak akan menyelisihi janjiNya.

[Diterjemahkan dari tanya jawab yang disampaikan beliau]

Dari beberapa ayat dan satu hadits yang disampaikan beliau diatas, bisa kita ambil pelajaran ; 

1. Orang yang mengaku beriman dan ingin masuk surga, pasti mendapatkan ujian. Berat ringan nya ujian sesuai dengan kualitas keimanan seorang hamba.

2. Bersama dengan ujian, kesulitan pasti ada kemudahan dan jalan keluar.

Semoga bermanfaat

Oleh : Ustadz  Budi Santoso, Lc  حَفِظَهُ اللهُ تَعَالَى