Karena Kesombongan Kebenaran Pun Dikorbankan


3 bulan lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

«159» الرابع: عن أَبي مسلم، وقيل: أَبي إياس سَلمة بنِ عمرو بنِ الأكوع رضي الله عنه أنَّ رَجُلًا أَكَلَ عِنْدَ رَسُول الله صلى الله عليه وسلم بِشِمَالِهِ، فَقَالَ: ((كُلْ بِيَمِينكَ)) قَالَ: لا أسْتَطيعُ. قَالَ: ((لاَ استَطَعْتَ)). مَا مَنَعَهُ إلا الكِبْرُ، فمَا رَفَعَهَا إِلَى فِيهِ. رواه مسلم. 
في هذا الحديث: مشروعية الأكل باليمين، وكراهة الأكل بالشمال مع عدم العذر.

Dari Abu Muslim, dan dikatakan oleh yang lain :  Abu Iyas, Salamah bin Amr Ibn Al- Akwa' radiyallahu 'anhu bahwasannya ada seorang laki-laki yang makan dengan tangan kiri di samping Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda : "makanlah dengan tangan kananmu", laki-laki itu menjawab : aku tidak bisa, beliau bersabda lagi : Semoga  engkau tidak bisa. Tidak ada yang menghalanginya (untuk makan dengan tangan kanan) kecuali kesombongan. Maka diapun benar-benar tidak bisa mengangkat (tangan kanannya) ke arah mulutnya. [HR. Muslim]

Para pembaca, dari hadits yang mulia di atas bisa kita ambil pelajaran berharga tentang bahaya kesombongan. Karena kesombongan yang ada di dalam hati, seorang bisa menolak kebenaran yang ada dihadapannya. 
Karena kesombongan, Iblis diusir dari surga, karena kesombongan, Fir'aun tidak mau beriman kepada Nabi Musa 'alaihis salam, bisa jadi (karena kesombongan) seseorang lebih memilih kesyirikan daripada tauhid, bisa jadi karena kesombongan seorang lebih memilih perkara yang tidak dicontokan Nabi dan para sahabat daripada mengikuti sunnah Nabi. 

Di dalam hadits yang lain Nabi shallahu 'alaihi wa sallam bersabda : 

 الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

"Kesombongan yaitu menolak kebenaran dan meremehkan manusia". [HR. Muslim]

✏ Ustadz  Budi Santoso,Lc