Jagalah Anak Anda


3 minggu lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Beberapa hari terakhir ini kita disuguhi dengan berita yang membuat kita cemas dan gelisah. Berita tentang penculikan anak, pelecehan seksual terhadap anak, dsb.

Wahai para orang tua, janganlah anda lalai untuk menjaga anak anda dari tangan tangan yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa lakukan untuk menjaga anak anak kita :

1. Senantiasa kita ajarkan kepada anak kita untuk menjaga perintah Allah azza wa jalla dan menjauhi laranganNya. Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam bersabda : 

احفَظِ الله يَحْفَظْكَ 

"Jagalah Allah, nisacaya Allah akan menjagamu.....". [HR. Tirmidzi]

Kalau anak kita menjaga (taat) kepada perintah Allah, menjauhi laranganNya, pasti Allah akan menjaganya, kalau Allah yang memberi penjagaan kepada anak kita, maka siapapun yang ada di muka bumi ini tidak akan mampu memberikan bahaya kepadanya.

Kalau anak kita masih kecil, belum paham tentang agama, maka kita sebagai orang tua juga tidak boleh lalai untuk menjaga perintah Allah, menjauhi laranganNya. Di antara ahli ilmu ada yang berkata : apabila seseorang menjaga perintah Allah dan menjauhi laranganNya, maka  Allah akan menjaga jiwa, harta, keturunan (anak) dari orang tsb.

2. Biasakan anak kita untuk membaca doa keluar rumah. 

3. Berusaha mengawasi anak kita di saat mereka bermain, walaupun mereka hanya bemain di dekat rumah. 

4. Jangan lupa berdo'a kepada Allah untuk keselamatan diri , anak, keluarga kita semua. Terutama do'a di waktu sepertiga malam. 

Semoga Allah memberikan kesalamatan kepada kita, orang tua, dan anak keturunan kita, di dunia dan akherat. Aamiin

Semoga bermanfaat.

Oleh : Ustadz Budi Santoso, Lc