Empat Macam Golongan Manusia


4 minggu lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Allah Ta'ala berfirman:

تِلْكَ الدَّارُ الْآخِرَةُ نَجْعَلُهَا لِلَّذِينَ لَا يُرِيدُونَ عُلُوًّا فِي الْأَرْضِ وَلَا فَسَادًا وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِينَ

"Itulah negeri akhirat Kami menyiapkannya bagi orang-orang yang tidak menginginkan ketinggian (kedudukan) di dunia dan (berbuat) kerusakan, dan akibat yang baik bagi orang-orang yang bertaqwa." [QS. Al Qashash : 83]

Ayat yang mulia ini mengelompokkan manusia menjadi 4 golongan:

Pertama:

Orang yang menginginkan kedudukan dan ketinggian atas sekalian manusia dan berbuat kerusakan di bumi. Mereka adalah para raja dan penguasa yang menebar kerusakan, seperti Fir'aun dan golongannya. Mereka ini adalah makhluk yang paling buruk di jagad raya.

Kedua:

Orang yang berbuat kerusakan tanpa menginginkan kedudukan di bumi, seperti pencuri dan orang fasik dari kalangan manusia biasa.

Ketiga:

Orang yang menginginkan kedudukan dan ketinggian atas segenap manusia tanpa melakukan kerusakan, seperti ahli agama yang mengejar kedudukan di mata manusia.

Keempat:

Orang yang tidak menginginkan ketinggian ataupun kedudukan di mata manusia dan tidak berbuat kerusakan di bumi. Mereka adalah sebaik-baik makhluk dan termasuk ahli surga.

(Majmu' Fatawa: 28/392)


Mari kita melihat diri sendiri, masuk ke dalam kelompok manakah kita?

Jika kita termasuk dalam kelompok pertama, sungguh kita menjadi orang yang paling jahat dan buruk perbuatannya di alam semesta.

Jika kita termasuk dalam kelompok kedua, maka sungguh kita menjadi orang merugi dalam hidup; dunia tidak didapat, di akhiratpun akan menuai adzab.

Jika kita termasuk kelompok ketiga, maka sesungguhnya kita telah menjual akhirat untuk meraih kesenangan sesaat, berambisi mengejar dunia; harkat dan martabat dengan amalan akhirat. 

Jika kita menginginkan menjadi gologan ahli surga, maka tidak ada pilihan lain kecuali menjadi kelompok jenis keempat: tidak mengejar ketinggian, kedudukan dan tidak menebar kerusakan. Kehidupannya senantiasa dipersembahkan hanya untuk Allah.

Inilah kelompok manusia yang telah dijanjikan dan disiapkan surga oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

✏ Ustadz Hermawan ,Lc