Di Mana Posisi Kita Saat Ini ?


3 minggu lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Allah azza wa jalla berfirman:

اَللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ ضَعْفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْۢ بَعْدِ ضَعْفٍ قُوَّةً ثُمَّ جَعَلَ مِنْۢ بَعْدِ قُوَّةٍ ضَعْفًا وَّشَيْبَةً   ؕ  يَخْلُقُ مَا يَشَآءُ  ۚ  وَهُوَ الْعَلِيْمُ الْقَدِيْرُ

"Allah-lah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) setelah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) setelah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dan Dia Maha Mengetahui, Maha Kuasa."
[QS. Ar-Rum: 54] 

Syaikh Abdurrahman bin Nasir as sa'di rahimahullah berkata : Diantara hikmah Allah, Dia memperlihatkan kelemahan yang dimiliki oleh seorang hamba, dan bahwasannya kekuatan yang dimiliki seorang hamba itu diantara dua kelemahan (kelemahan di masa kanak kanak dan masa tua). 

[Tafsir taysiril karimir rahman fi tafsiir kalamil mannan halaman 757 dengan sedikit diringkas]

Saudaraku, kebanyakan kita telah melewati masa lemah yang pertama, yaitu masa kanak kanak. Dan saat ini kita berada di masa kuat (masa muda). Mari gunakan dengan baik masa muda ini sebelum datangnya masa tua. Ketika seseorang sudah tua maka dia tidak akan bisa beribadah sebagaimana anak muda beribadah.

Semoga bermanfaat.

✏ Ustadz Budi Santoso, Lc