Berdoa Setelah Tahiyyat


7 tahun lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Waktu yang disunnahkan untuk membaca doa ketika shalat adalah setelah membaca tahiyyat, hal ini berdasarkan hadits-hadits berikut ini :

"إِذَا قَعَدْتُمْ فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ فَقُولُوا: التَّحِيَّاتُ لِلَّه......، ثُمَّ لِيَتَخَيَّرْ مِنَ الدُّعَاءِ مَا أَعْجَبَهُ، فَلْيَدْعُ بِهِ رَبَّهُ".

"Jika kalian duduk disetiap 2 rakaat, maka ucapkanlah : attahiyyatu lillah......., kemudian hendaknya dia memilih doa yang paling dia sukai, lalu hendaknya dia berdoa kepada Rabbnya dengan doa tersebut." [HR. Ibnu Hibbân dan dishahihkan oleh al-Albâny]

Dalam hadits yang lain disebutkan :

" إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ: مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَعَذَابِ الْقَبْرِ، وَفِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ، ثُمَّ يَدْعُو لِنَفْسِهِ بِمَا بَدَا لَهُ " 

"Apabila salah seorang kalian selesai tasyahhud, hendaknya dia berlindung dari 4 perkara : dari adzab Jahannam, adzab kubur, fitnah kehidupan dan kematian, dan keburukan almasih Dajjal. Kemudian setelah itu berdoa dengan doa apa saja yg ingin dia sampaikan." [HR. an-Nasâiy dan dishahihkan oleh al-Albany]

Oleh karena itu, mari kita amalkan dan manfaatkan sunnah yang satu ini, untuk berdoa kepada Allah setiap setelah selesai tahiyyat baik yang pertama maupun yang terakhir, mudah-mudahan Allah menerima doa-doa kita.. Allahumma aamiin..

✏ Ustadz Askar Wardhana, Lc. حفظه الله تعالى