Ayah, Ajari Kami Mencintai Masjid


sebulan lalu oleh Wahana Ardi / 0 komentar


┏ □■□ ━━━━━━━
  TARBIYATUL_AULAD
┗━━━━━━━━━━ ●○●

Latih mereka untuk mencintai masjid

Wahai para ayah.. Ajaklah putra anda ke masjid, kenalkan mereka kelezatan beribadah di dalamnya. Sampaikan kepada mereka bahwasannya masjid merupakan tempat yang dicintai oleh Allah.

Gandeng tangan mereka untuk hadir juga di sejuknya taman-taman surga, tanamkan ke dalam hati mereka kecintaan kepada ilmu dan ahli ilmu.

Masjid merupakan madrasah tempat mendidik jiwa untuk taat kepada Allah. Masjid merupakan tempat mulia untuk mendidik generasi muda.

Wahai para ayah, ajak putra anda ke masjid untuk membiasakan mereka sholat berjama'ah, terlebih disaat mereka berusia 7 tahun. 

Semoga usaha kita dalam mengajak putra kita ke masjid bisa menjadikan mereka pemuda yang tumbuh diatas ketaatan kepada Allah dan menjadikan hati mereka (terpaut) selalu rindu untuk hadir dimasjid.

Pemuda yang tumbuh diatas ketaatan kpd Allah dan seseorang yg hatinya terpaut dengan masjid termasuk tujuh golongan yang mendapatkan naungan Allah di hari kiamat.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللهُ فِيْ ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ: اَلْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَشَابٌّ نَشَأَ بِعِبَادَةِ اللهِ ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْـمَسَاجِدِ ، وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللهِ اِجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ ، فَقَالَ : إِنِّيْ أَخَافُ اللهَ ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tujuh golongan yang dinaungi Allâh dalam naungan-Nya pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: (1) Imam yang adil, (2) seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allâh, (3) seorang yang hatinya bergantung ke masjid, (4) dua orang yang saling mencintai di jalan Allâh, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya, (5) seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, 'Sesungguhnya aku takut kepada Allâh.' Dan (6) seseorang yang bershadaqah dengan satu shadaqah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya, serta (7) seseorang yang berdzikir kepada Allâh dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya. [HR. Bukhari dan Muslim]

Di saat mengajak anak ke masjid perlu diajarkan adab selama di masjid.