Apapun Profesi Kita... Jangan Lalai Untuk Mendirikan Sholat


2 bulan lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Allah azza wa jalla berfirman:

رِجَالٌ  ۙ  لَّا تُلْهِيْهِمْ تِجَارَةٌ وَّلَا بَيْعٌ عَنْ ذِكْرِ اللّٰهِ وَاِقَامِ الصَّلٰوةِ وَ اِيْتَآءِ الزَّكٰوةِ ۖ  يَخَافُوْنَ يَوْمًا تَتَقَلَّبُ فِيْهِ الْقُلُوْبُ وَالْاَبْصَارُ ۙ   
 
"Orang yang tidak dilalaikan oleh perdagangan dan jual-beli dari mengingat Allah, melaksanakan sholat, dan menunaikan zakat. Mereka takut kepada hari ketika hati dan penglihatan menjadi guncang (hari Kiamat),"

[QS. An-Nur: Ayat 37] 

Syaikh Abdurrahman bin Nasir as sa'di rahimahullah berkata : Mereka adalah orang orang yang walaupun sibuk dengan perdagangan, jual beli, akan tetapi mereka tidak dilalaikan dari mengingat Allah, melaksanakan sholat, membayar zakat. Mereka menjadikan ibadah, ketaatan sebagai tujuan utama mereka dan cita cita mereka, apa apa yang menghalangi mereka dari beribadah kepada Allah, akan mereka jauhi. 

[Tafsir taysiril karimir rahman, halaman 531]

Saudaraku, apapun profesi yang kita tekuni, apapun pekerjaan dan aktivitas yang kita jalani, jangan sampai melalaikan kita dari mengingat Allah, mendirikan sholat, membayar zakat. 

Apabila kita mendengar adzan, marilah kita tinggal segala aktivitas duniawi, untuk bersiap melaksanan sholat berjama'ah. 

Semoga Allah memberikan taufiqNya kepada kita untuk senantiasa mengingatNya, dan semoga kita termasuk orang orang yang mendirikan sholat, melaksanakan sholat di awal waktu dengan berjama'ah (bagi kaum laki-laki).


Semoga bermanfaat

Oleh : Ustadz Budi Santoso, Lc